Sabtu, 30 April 2011

Desain Dapur

                                    
                                                                            Inspirasi Desain Dapur

     Boleh jadi tidak ada ruang yang paling banyak disinggahi dirumah selain dapur. Ini karena dapur modern tidak lagi berkesan kumuh, dan ditempatkan "di sudut belakang agar tamu tak mencium bau terasi". Dapur modern mengeksekusi kebutuhan aktivitas menyimpan makanan, mempersiapkan makanan, memasak, sampai membersihkan perabot, dalam bentuk desain yang efisien dalam penggunaan.
      Maka yang muncul adalah sosok dapur dengan apa yang secara populer dikenal sebagai "kitchen set". Kabinet-kabinet penyimpanan didesain menyatu (built-in) dan berpintu, sehingga seluruh perabot maupun peralatan memasak dan makan tak nampak berantakan. Laci bersusun dapat menyimpan perkakas masak dalam hierarki kategori ukuran; S,M,dan L.
      Posisinya kini bisa tampil bahkan didekat ruang makan. Bukan hanya karena lahan kian terbatas, tetapi karena juga desainnya pas dan layakuntuk tempat keluarga berkumpul. Hal ini dimungkinkan oleh berbagai material alternatif yang mudah didapat: mulai dari plat stainless steel , keramik mozaik, sampai lemari kabinet dengan aneka pelapis.
      Sejalan dengan itu, aktivitas memasak tidak lagi hanya menjadi "tugas" atau "beban" ibu atau pembantu rumah tangga. Berada di dapur, betatpapun yang dibikin hanya omelet atau segelas susu atau menghangatkan pizza,bisa dilakukan siapa saja. Dengan mudah, dan cepat. Itu berkat keberadaan peralatan dapur yang kian modern dan menyenangkan.



                                PRINSIP UTAMA
                                PERENCANAAN DAPUR


       JIKA Anda berpikir bahwa dapur merupakan ruang yang tidak berlaku penting dibandingkan kamar tidur atau ruang keluaraga, rasanya Anda keliru. Dapur merupakan ruang pendukung yang selalu ada di setiap rumah. Berapapun luasannya, di situlah seluruh makanana keluarga disiapkan.
       Dulu dapur hanya digunakan sebagai ruang untuk memasak. Namun kini berkembang menjadi ruang untuk merencanakan menu, mencatat daftar




  KITCHEN SETTampil dalam Nuansa putih memberikan kesan modern dan higienis. Kitchen set merupakan salah satu solusi desain agar dapur lebih efektif dan optimal digunakan
Belanjaan,hingga untuk sarapan. Malahan juga untuk ngobrol dengan kerabat saat memasak hingga mengawasi anak yang sedang bermain.
      Seberapa fungsional sebuah dapur, tidak dapat diukur dari luasannya. Dapur yang baik selain fungsional juga harus efektif. Efektif dari segi luasan, kenyamanan, kelengakapn (alat), selera pengguna, hingga faktor lain seperti sirkulasi udara dan pencahayaan. 
      Saat ini, ketika lahan rumah semakin terbatas, penggabungan 2 jenis dapur, yaitu dapur kotor dan bersih, mulai diterapkan. Selain menghemat ruang, penggabungan kedua jenis dapur ini juga ditunjang gaya hidup yang modern dan serba praktis.

Making a list 
      Mencoba  menuliskan daftar kebutuhan dan impian merupakan langkah awal menemukan dapur gaya anda. Desain dapur anda sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan cara memasak anda.
      Pertanyaan-pertanyaan berikut akan membantu anada merencanakan dapur yang efektif dan fungsional tetapi tetap estestis secara visual.
1. Seberapa luaskah ruang yang anda miliki untuk area dapur?
2. Apakah anda menyiapkan semua masakan dari A-Z atau anda pengguna setia microwave untuk makanan siap saji
3. Siapa saja pengguna dapur, adakah anak anda ikut berkegiatan didalamnya?
4. Anda suka memasak masakan indonesia yang sedikit rumit atau masakan yang serba praktis dan cepat pengerjaannya?
5. Bagaimana dengan koleksi cangkir dan piring anda? Adakah etalse yang cukup untuk memajangnya?
6. Apakah dapur anda cukup aman untuk sikecil atau cukup luas jika anak anda ingin ikut memasak?
7. Perangkat dapur apa saja yang sering anda pergunakan?


Zoning 
      Kegiatan utama memasak dan persiapannya dapat dibedakan menjadi area persiapan, area mencuci, dan area memasak. 
> Area Persiapan

      

1 komentar:

  1. Dapur memang selalu harus kita penuhi pada rumah kita, dari ulasan ini saya menjadi lebih tahu bagaimana cara mendesain sebuah dapur yang bagus dan cantik.., terimakasih telah berbagi yah gan...Boleh share yah gan blog sederhana ane tentang Cara Membuat Keripik Singkong Renyah Dan Gurih, terimakasih...

    BalasHapus